Main Article Content

Abstract

Abstrak

Public Trust Doctrine (PTD) mengatur bahwa pemerintah wajib mengurus SDA untuk kepentingan publik meskipun akses atas Sumber Daya Alam (SDA) tersebut telah diberikan kepada pihak tertentu. Tulisan ini hendak membahas konstruksi PTD dalam hukum Indonesia dan menggunakan PTD untuk menganalisis konstitusionalitas UU Minerba Baru (UUMB), yang resmi disahkan pada tanggal 12 Mei 2020. Banyak pihak menyayangkan pengesahan ini karena dianggap mendukung eksploitasi minerba yang tidak berkelanjutan dan mengancam kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah tambang. Penulisan artikel ini akan menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan menggunakan sumber bahan sekunder berupa peraturan perundang-undangan dan putusan-putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Hasil analisis menunjukkan eksistensi PTD pada Pasal 33 ayat (3) Konstitusi, yang dapat diaplikasikan apabila: SDA tersebut memiliki peranan penting dalam menguasai hajat hidup orang banyak dan pengaturan SDA tersebut dalam UU memenuhi unsur “sebesar-besar kemakmuran rakyat.” Namun, analisis pada Pasal 22, 169A ayat (1), dan 169B ayat (5) UUMB menunjukkan adanya ketidakselarasan dengan konsep PTD.

Kata Kunci: Public Trust Doctrine, Sumber Daya Alam (SDA), UU Minerba.

Abstract

The Public Trust Doctrine (PTD) regulates that the government should prioritize public interest even if the access to the natural resources (SDA) has been given to individuals or parties. The research will discuss PTD construction in Indonesian law and use PTD to analyze Mineral and Coal Law constitutionality that has been enacted on May 12, 2020. Many parties regret the enactment of this law because the law tends to promote unsustainable exploitation and threatens public welfare who live nearby the mines. This research will be conducted by using normative juridical method and secondary resources such as law and constitutional court award (MK). The result indicates that PTD existence on Article 33 sec (3) Indonesia constitution is applicable if: SDA has a crucial role in public sphere and SDA regulation fulfills the elements “to the fullest of public welfare”. Yet, our analysis on article 22, article 169A sec (1), and article 169B sec (5) of Mineral and Coal Law shows incoherence with the concept of PTD.
Keywords: Public Trust Doctrine, Natural Resources, Mining Law

Article Details

Author Biographies

Ardianto Budi Rahmawan, Universitas Gadjah Mada

Administrative Law Lecturer with experiences and interest in Environmental Law and Policy.

 

Kenny Cetera, World Resources Institute (WRI) Indonesia

Forest Legality Analyst
How to Cite
Rahmawan, A. B., & Cetera, K. (2020). Kajian Teori Public Trust Doctrine Dalam Kasus Lingkungan: Studi Kasus UU Minerba Baru. Jurnal Hukum Lingkungan Indonesia, 7(1), 28–47. https://doi.org/10.38011/jhli.v7i1.178

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Peraturan Perundang-undangan
  3. Deklarasi Kongres untuk Kebijakan Nasional Lingkungan/ Congressional Declaration of National Environmental Policy No. 42 U.S.C. § 4331 (b) (1) tersedia https://www.law.cornell.edu/uscode/text/42/4331.
  4. Indonesia. UUD 1945 Republik Indonesia, tersedia di https://jdih.pom.go.id/uud1945.pdf
  5. _________. Undang-Undang No. 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan. LN No. 25 tahun 2004. TLN No. 5059.
  6. Putusan Pengadilan
  7. District court of Illinois diputuskan di Pengadilan Tingkat Federal Amerika Serikat di Washington DC, Illinois Central R. Co. V. Illinois, 146 U.S. 433 (1892)
  8. District Court Oregon diputuskan di Pengadilan Tinggi California (9th Circuit), Juliana v. United States, 217 F. Supp. 3d 1224 (D. Or. 2016)
  9. Mahkamah Konstitusi, Putusan Mahkamah Konstitusi No. 001-021-022/PUU-I/2003.
  10. ____________________. Putusan Mahkamah Konstitusi No. 001-021-022/PUU-I/2003.
  11. ____________________. Putusan Mahkamah Konstitusi No. 003/PUU-III/2005.
  12. ____________________. Putusan Mahkamah Konstitusi K No. 021-22/PUU-V/2007.
  13. ____________________. Putusan Mahkamah Konstitusi No. 003/ PUU-VIII/ 2010.
  14. Pengadilan Tingkat Federal Amerika Serikat, Washington DC,. Alec L., v. Jackson 863 F. Supp. 2d 11, 12, 17 (D.D.C. 2012), aff’d sub nom. Alec. ex rel, Loorz v. McCarthy, 561. F. App’x 7. (D.C. Cir. 2014).
  15. Buku
  16. Asshiddiqie, Jimly. Green Constitution “Nuansa Hijau Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945”. Rajawali Press. 2009
  17. Butt, Simon & Prayekti Murhajanti. “Country: Indonesia” in the Oxford Handbook of Comparative Environmental Law, edited by Emma Lees and Jorge E. Vinuales. United Kingdom, Oxford University Press. 2019.
  18. Kartodihardjo, Hariadi. Di Balik Krisis Ekosistem: Pemikiran tentang Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Depok: LP3ES. 2018.
  19. Silalahi, M. Daud. Pengaturan Hukum Sumber Daya Air dan Lingkungan Hidup di Indonesia. Bandung: Alumni. 2002
  20. Wood, Mary Christina. Nature’s Trust: Environmental Law for A New Ecological Age. Cambridge University Press. 2013.
  21. Artikel Jurnal
  22. Babcock, H. M. “Has the U.S. Supreme Court Finally Drained the Swamp of Takings Jurisprudence? The Impacts of Lucas v. South Coastal Council on Wetlands and Coastal Barrier Beaches”. Harvard Environmental Law Review, Vol. 19. 1995.
  23. D. Sagarin, Raphael & Mary Turnipseed, The Public Trust Doctrine: Where Ecology Meets Natural Resources Management. Annu Rev. Environ, Resour, vol. 37. 2012.
  24. Frank, Richard. “The Public Trust Doctrine: Assessing Its Recent Past & Charting Its Future in UC Davis Law Review. Vol 45. 2012
  25. Grant, Douglas. “Underpinnings of the Public Trust Doctrine: Lessons from Illinois Central Railroad", Ariz. St. L. J., Vol. 33. 2018.
  26. Houck, Oliver A.. “Why Do We Protect Endangered Species, and What Does that Say About Whether Restrictions on Private Property to Protect them Constitute “Takings?” Iowa L.Rev., Vol. 80, No. 297. 1995.
  27. Kearney, JD & TW Merrill. “The Origins of The American Public Trust Doctrine: What Really Happened in Illinois Central”. The University of Chicago Law Review, Vol. 71, 2004.
  28. Leiter, Brian, Carole E. Handler & Milton Handler, "A Reconsideration of the Relevance and Materiality of the Preamble in Constitutional Interpretation," 12 Cardozo Law Review 117 (1990) tersedia di https://chicagounbound.uchicago.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=2568&context=journal_articles
  29. Qamar, Nurul. "Kewenangan Judicial Review Mahkamah Konstitusi - Neliti." Jurnal Konstitusi, Vol.1, No.1, November 2012. Tersedia di https://www.neliti.com/publications/229174/kewenangan-judicial-review-mahkamah-konstitusi. Diakses tanggal 15 Juni 2020.
  30. Sun, H. “Toward A New Social-Political Theory of The Public Trust Doctrine”. Vermont Law Review. Vol 565. 2011.
  31. Wood, Mary Christina. “Advancing The Sovereign trust of Government to Safeguard The Environment for Present and Future Generations (Part II): Instilling A Fiduciary Obligation in Governance, Lewis & Clark Law School ENVTL L. Vol. 39, No. 91. 2009.
  32. Yuwono, Priantoro Djaja, B, Rasji & Bungas Gazali N. “Penegakan Hukum Pertambangan Tanpa Izin Serta Dampaknya Terhadap Konservasi Fungsi Lingkungan Hidup”. Jurnal Bina Hukum Lingkungan, Vol. 4, Oktober 2019.
  33. Internet
  34. Article 33 Indonesia. “Anomali Konflik Pertambangan dan Pemenuhan Hak-Hak Masyarakat Adat di Indonesia”. 9 Juni 2014. Tersedia di http://article33.or.id/id/opini/anomali-konflik-pertambangan-dan-pemenuhan-hak-hak-masyarakat-adat-di-indonesia/ diakses tanggal 17 September 2020
  35. Bisnis Tempo. “Pemerintah terbitkan perpu izin tambang di hutan lindung”. 11 Maret 2004. Tersedia di https://bisnis.tempo.co/read/40569/pemerintah-terbitkan-perpu-izin-tambang-di-hutan-lindung diakses tanggal 31 Juli 2020.
  36. Dwi Antoro, Totok. “Pertaruhan Nasib Lingkungan oleh Revisi UU Minerba”, dipresentasikan pada acara Webinar Serial Omnibus Law “Kala Lingkungan dilelang: Harga Mahal Untuk Masa Depan Lingkungan Indonesia”, 20 Mei 2020, Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. https://www.youtube.com/watch?v=tEduXcBrLWk&t=8077s.
  37. Dowie, M.. “Salmon and The Caesar: Will a Doctrine from The Roman Empire Sink Ocean Aquaculture?”. September October 2004. Tersedia di https://www.legalaffairs.org/issues/September-October-2004/termsofart_
  38. sepoct04.msp diakses tanggal 20 Juli 2020.
  39. Eko Wicaksono, Pebrianto. “Sektor Energi dan Pertambangan Setor PNBP Ro 172 triliun”. 9 January 2020. Tersedia di https://www.liputan6.com/
  40. bisnis/read/4152244/sektor-energi-dan-pertambangan-setor-pnbp-rp-172-triliun diakses tanggal 25 Juli 2020.
  41. Hukumonline. "Jatam: Ada 71 Konflik Pertambangan Periode 2014-2019". 7 Januari 2020. Tersedia di https://www.hukumonline.com/berita/baca/
  42. lt5e14311f6aa5a/jatam-ada-71-konflik-pertambangan-periode-2014-2019/. Diakses tanggal 26 Juni. 2020.
  43. Jaringan Advokasi Tambang. "Putusan Sidang Rakyat: UU Minerba Harus Batal - JATAM". 1 Juni 2020. Tersedia di https://www.jatam.org/2020/06/01/
  44. putusan-sidang-rakyat-uu-minerba-harus-batal-demi-hukum-untuk-keselamatan-dan-kedaulatan-rakyat/. Diakses tanggal 28 Juni. 2020.
  45. Mongabay. “Masyarakat Adat Seko terancam Tambang dan Pembangunan Infrastruktur”. 13 Maret 2016 Tersedia di https://www.mongabay.co.id/
  46. /03/13/masyarakat-adat-seko-terancam-tambang-dan-pembangunan-infrastruktur/ diakses tanggal 17 September 2020.
  47. Mongabay. "Kala Gubernur sampai Mahasiswa Gugat UU Minerba “. 16 January 2020. Tersedia https://www.mongabay.co.id/2020/07/16/kala-gubernur-sampai-mahasiswa-gugat-uu-minerba/. Diakses tanggal 18 Juli 2020.
  48. Mongabay. “Wilayah Pertambangan Rakyat Digadang Jalan Keluar PETI”. 22 May 2018. Tersedia di https://www.mongabay.co.id/2018/05/22/wilayah-pertambangan-rakyat-digadang-jalan-keluar-peti-nyatanya/.
  49. Diakses tanggal 31 Juli 2020.
  50. Rahma, Athika “Cegah Penyalahgunaan aturan Pertambangan Rakyat Harus Diperketat”. Liputan 6. 29 April 2020. Tersedia di https://www.liputan6.com/bisnis/read/4241146/cegah-penyalahgunaan-aturan-pertambangan-rakyat-harus-diperketat.
  51. Ramli, Rully M. "Revisi UU Minerba, Ini Beberapa Pasal yang Tuai Polemik". Kompas. 13 May 2020. Tersedia di https://money.kompas.com/read/
  52. /05/13/085813226/revisi-uu-minerba-ini-beberapa-pasal-yang-tuai-polemik. Diakses tanggal 29 Juni 2020.
  53. Rifai, Bahtiar. "Pemprov Banten Sebut Cukong Tambang Emas Ilegal Kabur“. Detiknews. 7 Februari 2020. tersedia https://news.detik.com/berita/d-4890039/pemprov-banten-sebut-cukong-tambang-emas-ilegal-kabur-dari-lebak.diakses tanggal Diakses tanggal 31 Juli. 2020.
  54. RRI. "Polres Bogor Bekuk Penambang Emas Ilegal di Cigudeg - RRI". 13 Januari 2020. Tersedia di https://rri.co.id/polhukam/sigap/770689/polres-bogor-bekuk-penambang-emas-ilegal-di-cigudeg Diakses tanggal 30 Juli 2020.
  55. Sabin Center for Climate Change Law. “Juliana v. United States - Climate Change Litigation." http://climatecasechart.com/case/juliana-v-united-states/. Diakses 1 Juli. 2020.
  56. Solomon, C. “The Newest Legal Tool to Fight Climate Change is as Old Ancient Rome”. 27 Mei 2016. Tersedia di https://www.outsideonline.com/2083441/newest-legal-tool-fight-climate-change-old-ancient-rome diakses tanggal 16 Juli 2020.
  57. Syahni, Della. “Menyoal UU Minerba Baru, Khawatir Makin Susahkan Warga”, Mongabay, 2020, https://www.mongabay.co.id/2020/06/27/menyoal-uu-minerba-baru-khawatir-makin-susahkan-warga/. Diakses tanggal 2 Agustus. 2020
  58. Makalah
  59. Cornell Law School. Lucas. S.C. Coastal Council, 5050 U.S. 1003 (1992) tersedia di https://www.law.cornell.edu/supct/html/91-453.ZS.html